Senin, 09 April 2012

Gadget Bisa Jadi Penerjemah Bahasa Isyarat


Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Ilmuwan di Skotlandia tengah mengembangkan sebuah teknologi untuk membantu penyandang tunarungu agar lebih mudah berkomunikasi. Teknologi ini mampu mengubah bahasa isyarat menjadi teks.

Portable Sign Language Translator (PSLT) -- demikian nama teknologi itu -- merupakan perangkat lunak yang dapat dibenamkan di perangkat portable untuk menerjemahkan bahasa isyarat ke dalam pesan tertulis.

Teknologi ini bekerja dengan mengenali bahasa isyarat dari kamera kecil yang diintegrasikan dengan gadget yang dipilih. Bisa menggunakan smartphone, tablet PC, netbook atau lainnya, kemudian menerjemahkannya ke dalam pesan teks yang ditampilkan di layar perangkat tersebut.

"Tujuan dari software Portable Sign Language Translator (PSLT) ini memberdayakan pengguna bahasa isyarat untuk mengatasi tantangan komunikasi yang mereka alami melalui teknologi portabel," jelas salah satu tim peneliti yang juga pengajar di University of Aberdeen, Dr Ernesto Compatangelo, dikutip KEALSE dari Orange, Rabu (14/3/2012).

Compatangelo berharap penemuan ini akan membantu penyandang tunarungu muda menemukan pekerjaan dan berkomunikasi dengan kolega.

Software ini dapat digunakan dengan berbagai bahasa isyarat termasuk British Sign Languange (BSL), teknik komunikasi Makaton, dan dapat disesuaikan dengan pengguna individu sehingga mengerti istilah yang mereka gunakan.

"Cara penggunannya pun cukup mudah. Ada semacam alat yang diintegrasikan ke dalam laptop, netbook, smartphone atau perangkat portabel lain seperti tablet. Perangkat itu akan diterjemahkan ke dalam teks yang dapat dibaca oleh orang yang mereka ajak berbicara," tambahnya.

Salah satu aspek yang paling inovatif dan menarik dari teknologi ini adalah, memungkinkan pengguna bahasa isyarat untuk benar-benar mengembangkan tanda-tanda mereka sendiri seperti konsep dan istilah yang mereka butuhkan di kosakatanya.

0 komentar:

Posting Komentar